Cara Efektif Menghitung Alokasi Waktu
Sebelum melaksanakan perhitungan alokasi waktu materi yang harus kita persiapkan yaitu :
1. Kalender Pendidikan (Kaldik); untuk menghitung Minggu Efektif
2. Struktur Kurikulum; untuk melihat alokasi Mata pelajaran per minggu
Alokasi waktu yaitu waktu yang diharapkan untuk ketercapaiann satu Kompetensi Dasar (KD) dengan memperhatikan :
- Minggu Efektif Persemester
- Alokasi waktu mata pelajaran
- Jumlah Kompetensi per semester
Langkah-langkah perhitungan alokasi waktu yaitu sebagai kerikut :
1. Langkah pertama menghitung jumlah ahad dalam satu semester, dengan cara mencatat jumlah ahad setiap bulannya dari Juli hingga Desember untuk semester satu dan bulan Januari hingga Juni untuk semester ke dua.
No. | Nama Bulan | Banyak Minggu |
1 | Juli | |
2 | Agustus | |
3 | September | |
4 | Oktober | |
5 | Nopember | |
6 | Desember | |
Jumlah |
2. Langkah kedua yaitu menghitung jumlah Minggu tidak Efektif.
Analisis jumlah ahad tidak efektif (minggu yang dijadwalkan untuk acara selain KBM), langkahnya sama menyerupai menghitung jumlah ahad setiap bulan
Banyak Minggu tidak efektif :
No. | Nama Bulan | Banyak Minggu |
1 | Juli | |
2 | Agustus | |
3 | September | |
4 | Oktober | |
5 | Nopember | |
6 | Desember | |
Jumlah |
3. Langkah ketiga yaitu menghitung Minggu Efektif (ME)
Minggu efektif diperoleh dari pengurangan Jumlah Minggu dengan Jumlah Minggu Tidak Efektif ( ………Minggu - …….Minggu = ……….Minggu)
4. Setelah Minggu Efektif sudah ditemukan, selanjutnya kita lihat Alokasi Waktu Mata Pelajaran (Jam Perminggu) yang tertera pada Struktur Kurikulum.
5. Menentukan Banyak Jam Efektif (JE)
Banyaknya jam efektif di dapatkan dari Jumlah Minggu Efektif dikali Jumlah Jam Mata Pelajaran Perminggu(JMP) (lihat Struktur Kurikulum). Misalnya JME = 18 minggu, JMP mapel IPA dalam Struktur Kurikulum 4 jam, maka perhitungannya yaitu sebagai berikut :
18 Minggu x 4 Jam : 72 Jam
6. Mendistribusikan Alokasi Waktu Per KD.
Alokasi waktu per KD didapat dari Jam Efektif (JE) dibagi sejumlah Kompetensi Dasar (KD) tiap mata pelajaran dengan pembagian diubahsuaikan dengan kompleksitas KD.
Contoh distribusi Alokasi Waktu Per KD yaitu sebagai berikut :
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | ||||||||
Energi dan Perubahannya | ||||||||||
5. Memahami kekerabatan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya | 5.1 Mendeskripsikan kekerabatan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) | 6 | ||||||||
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang sanggup menciptakan pekerjaan lebih gampang dan lebih cepat | 8 | |||||||||
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui acara menciptakan suatu karya/model | 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya | 6 | ||||||||
6.2 Membuat suatu karya/model, contohnya periskop atau lensa dari materi sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya | 6 | |||||||||
Bumi dan Alam Semesta | ||||||||||
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam | 7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah alasannya pelapukan | 8 | ||||||||
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah | 8 | |||||||||
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi | 6 | |||||||||
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan acara insan yang sanggup mempengaruhinya | 6 | |||||||||
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air | 6 | |||||||||
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan | 6 | |||||||||
7.7 Mengidentifikasi beberapa acara insan yang sanggup mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) | 6 | |||||||||
72 | ||||||||||
Demikian cara memghitumh alokasi waktu yang dijabarkan dalam setiap KD. Selanjutnya Alokasi waktu ini dijabarkan dalam Prota, Promes dan Silabus.
Untuk teladan lengkat Perhitungan Alokasi Waktu sanggup di unduh pada link di bawah ini
0 Response to "Cara Efektif Menghitung Alokasi Waktu"
Post a Comment