Teknik Membaca Berimbang
Program Membaca Berimbang

Dalam membuatkan keterampilan membaca siswa, guru sanggup menerapkan beberapa strategi membaca berikut :
- Membaca Bersama dengan memakai Big Book. Kegiatan ini menggunakan teks yang diperbesar supaya terbaca oleh semua siswa. Kegiatan Membaca Bersama melibatkan semua siswa dalam satu kelas. Guru memodelkan banyak sekali keterampilan membaca dan melibatkan siswa selama proses membaca dilakukan. Keterampilan yang dilatihkan dalam kegiatan Membaca Bersama yaitu memprediksi, memahami kosakata dan tanda baca, memahami isi bacaan, dan merangkum/meringkas.
- Membaca Terbimbing. Kegiatan ini dilakukan di kelompok kecil beranggotakan siswa dengan kemampuan membaca yang sama (homogen). Guru menentukan dan memperkenalkan buku gres serta membimbing setiap siswa dalam membaca dan memahami seluruh bacaan. Bimbingan diberikan sebelum, saat, dan sesudah membaca.
- Membaca Mandiri. Siswa membaca banyak sekali buku secara individu atau berpasangan. Buku yang dibaca bisa diambil dari koleksi buku yang dimiliki sekolah. Bahan bacaan juga bisa diambil dari paket buku berjenjang sesuai tingkat kemampuan membaca siswa.
Di awal pelaksanaan kegiatan Membaca Terbimbing, guru disarankan menggunakan buku yang sama untuk semua kelompok selama satu semester. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dan siswa mengenali dan memahami proses pelaksanaan kegiatan tersebut. Di lain pihak, proses ini dibutuhkan sanggup membiasakan siswa dalam menjalankan setiap langkah Kegiatan Membaca Terbimbing.
Kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa akan menciptakan mereka nyaman dan dapat
memotivasi siswa untuk bahagia membaca.
0 Response to "Teknik Membaca Berimbang"
Post a Comment