Penyusunan Soal Hots
Pada kesempatan ini penulis BLOG , ingin menyebarkan wacana bagaimana penyusunan soal hots, kalimat hots mungkin sering kita dengar sebagai seorang guru, namun demikian, banyak juga guru yang belum paham problem pembikinan soal yang hots tersebut, dan tadi pagi tepatnya pukul 08.30 Tanggal 15 Nopember 2018, Pemda Kabupaten Indramayu mengadakan “SEMINAR PENYUSUNAN SOAL HOTS BAGI PARA MGMP SE KABUPATEN INDRAMAYU” bekerja sama dengan penerbit Erlangga sekaligus pembagian SK Pengurus MGMP Semua Mata Pelajaran, dan kebetulan aku langsung salah satu Pengurus MGMP Kabupaten dalam jabatan Sekretaris pada mata pelajaran Prakarya, oleh alasannya yaitu itu demi suksesnya pendidikan di negeri yang kita cintai ini (Indonesia), maka penulis menyebarkan file apa yang penulis dapatkan dikala seminar penyusunan soal hots tersebut.
Soal Hots bahu-membahu sudah dikembangkan oleh Taksonomi Bloom yang versi orsinal diantaranya yaitu : Pengetahuan (Knowledge) Pemahaman (Comprehension), aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi. Dari Taksonomi Bloom lalu di modifikasi menjadi : Mengingat (to remember), Memahami (to comprehend), Mengaplikasikan (to apply) Menganalisis (to analyze), Mengevaluasi (to evaluate), Mencipta (to create) dan versi yang dimodifikasi dari Taksonomi Bloom inilah yang tergolong kedalam HOTS.
ADAPUN TRIK DAN TIPS DALAM PEMBUATAN SOAL HOTS ANTARA LAIN :
Jangan menciptakan soal yang “Langsung”
Sajikan Stimulus di dalam setiap soal
Kembangkan Stem Soal Pada Level yang di inginkan dengan cara mengajak beberapa tahap berfikir sebelum memilih jawaban
Sesuaikan dengan perkembangan kognitif menurut usia/level kelas
TRIKS STIMULUS SOAL DAN LEVEL KOGNITIF BEBERAPA STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan beberapa .....
1. Siswa mampu mengidentifikasi/ menentukan/ mengelompokkan ........
2. Siswa bisa menyimpulkan ......
3. Siswa bisa mengurutkan (proses) ......
BEBERAPA STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan Narasi / masalah ............
1. Siswa bisa menyimpulkan........
2. Siswa bisa memperkirakan/memprediksi
3. Siswa bisa menghitung ......
4. Siswa bisa memberi alasan
5. Siswa bisa memecahkan.......
6. Siswa bisa memberi saran
7. Siswa bisa Menentukan sikap
8. Siswa bisa merancang/membuat ..........
Dengan Diberikan tabel .....
1. Siswa bisa membandingkan...........
2. Siswa bisa menghubungkan ...........
3. Siswa bisa memilih perbedaan/persamaan
Dengan diberi gambar/skema/grafik .....
1. Siswa bisa menyimpulkan ............
2. Siswa bisa menjelaskan proses ......
3. Siswa bisa Menentukan nama ....
4. Siswa bisa Menentukan fungsi .....
5. Siswa bisa mengidentifikasi ciri ...........
6. Siswa bisa merumuskan persamaan/perbedaaan .............
7. Siswa bisa memberi alasan
8. Siswa bisa memprediksi
Untuk lebih jelasnya bagi rekan-rekan yang membutuhkan file wacana cara-cara pembikinan soal Hots silahkan download link di bawah ini, supaya bermanfaat...aammiinn.....
0 Response to "Penyusunan Soal Hots"
Post a Comment