Contoh Notulen / Rekam Proses Rapat Kkg/Mgmp
NOTULEN PELAKSANAAN KEGIATAN
KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (KKG-MI)
KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG
TANGGAL 28 OKTOBER 2016 DI MI ISLAMIYAH KEDAWUNG
Materi : Pengembangan RPP
Narasumber : MU’ARIFIN, S.Pd.I
Hari/Tanggal : Sabtu, 28 Oktober 2016
Jam : 10.00 – 11.00 WIB
Jumlah Peserta yang Hadir : 20 (dua puluh) orang
Nama Peserta yang Tidak : -
Hadir
Alasan Ketidakhadiran : -
Tujuan: - Peserta dapat memahami wacana prinsip-prinsip pengembangan RPP |
|
Pokok Materi : A. Pengertian RPP B. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP C. Komponen RPP - D. Langkah-langkah Pengembangan RPP |
|
Uraian Materi: 1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 2. Prinsip RPP 1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan menurut silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. 2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan. 3. Mendorong partisipasi aktif akseptor didik. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan akseptor didik sebagai insan yang berdikari dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada akseptor didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar. 5. Mengembangkan budaya membaca dan menulis. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan. 7. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat rancangan aktivitas pinjaman umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap dikala sehabis suatu ulangan atau ujian dilakukan, alhasil dianalisis, dan kelemahan setiap akseptor didik sanggup teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan akseptor didik. 9. Keterkaitan dan keterpaduan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya. 3. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi |
|
Metode: Ceramah, Tanya Jawab, pinjaman tugas |
|
Media dan Alat: LCD, Slide |
|
Ice Breaker: - Permainan |
|
Interaksi Kelas : - Terjadi Tanya jawab akseptor dengan narasumber - Terjadi sharing/berbagi pengalaman antar peserta |
Tugas yang Diberikan: - Menjawab Pertanyaan - Praktik permainan |
|
File yang Diberikan: makalah pengembangan RPP - |
Banyuputih, 13 April 2016
Notulis,
.............................................
0 Response to "Contoh Notulen / Rekam Proses Rapat Kkg/Mgmp"
Post a Comment