Daftar Istilah Dan Pengertian Dalam Pendidikan
![]() |
kamus istilah pendidikan |
Daftar isitilah perihal pendidikan ini saya susun dengan tujuan untuk memudahkan Bapak/Ibu khususnya bagi para calon guru ataupun guru-guru baru, dan tidak menutup kemungkinan juga guru usang namun masih absurd dengan beberapa istilah dalam pendidikan.
Istilah | Sing katan | Pengertian |
Alam Takambang | | semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan |
Badan Standar Nasional Pendidikan | BSNP | Badan berdikari dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan. |
Evaluasi Kurikulum | | Proses penilaian pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dilakukan melalui teknik angket, wawancara, penggalian dokumen, dan supervisi kelas. |
Evaluasi Pendidikan | | Proses penilaian terhadap input, proses transformasi sampai output pendidikan yang meliputi siswa, materi/kurikulum, guru, metode/pendekatan, sarana dan prasarana serta lingkungan insan dan non- manusia. |
Implementasi Kurikulum | | Kegiatan untuk melaksanakan semua rancangan kurikulum yang telah disusun pada tahap penyusunan kurikulum. |
Indikator kompetensi | | Perilaku yang sanggup diukur dan atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi contoh penilaian mata pelajaran |
Kalender Akademik | | Pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran akseptor didik selama satu tahun ajaran. Komponen kalender pendidikan meliputi: (1) permulaan tahun pelajaran, (2) ahad efektif belajar, (3) waktu pembelajaran efektif, dan (4) waktu libur. |
Kegiatan Ekstra-Kurikuler | Ekskul | Salah satu bentuk kegiatan pengembangan diri yang berupa kegiatan pembelajaran di luar kelas. |
Kegiatan Pengembangan Diri | | Kegiatan yang bertujuan memperlihatkan kesempatan kepada akseptor didik untuk berbagi dan mengeskpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap akseptor didik sesuai dengan kondisi madrasah. |
Kepala Madrasah | | Guru yang menerima kiprah tambahan sebagai kepala pada madrasah dalam mengelola sebuah satuan pendidikan dibawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia. |
Kompetensi Dasar | KD | Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai akseptor didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan penyusunan indikator kompetensi. |
Kriteria Ketuntasan Minimal | KKM | Target ketuntasan minimal untuk setiap aspek penilaian mata pelajaran, yang telah ditetapkan oleh masing-masing Madrasah. Kriteria Ketuntasan Minimal dihitung menurut empat komponen yaitu: esensial, kompleksitas, daya dukung, dan intake. Karena semua kompetensi dasar itu yaitu esensial, maka pertimbangan yang perlu diperhatikan hanyalah ketiga komponen yang lain. |
Kurikulum | | Seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. |
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan | KTSP | Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan berlandaskan kepada standar nasional isi, kompetensi lulusan, pedoman BSNP, dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan panduan lain yang relevan. |
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dokumen 1 | KTSP: Dokumen 1 | Dokumen KTSP yang berisi penyusunan visi, misi, tujuan madrasah, struktur dan muatan kurikulum (mata pelajaran, mulok, pengembangan diri, ketuntasan belajar, kenaikan/kelulusan serta kalender pendidikan) yang sesuai dengan karakteristik masing-masing satuan pendidikan. |
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dokumen 2 | KTSP: Dokumen 2 | Dokumen KTSP yang berisi silabus dan contoh RPP. |
Laporan Hasil Belajar Siswa | LHBS | Laporan hasil mencar ilmu siswa yang menggambarkan tingkat pencapaian kriteria kompetensi minimal (KKM). |
Madrasah | | Lembaga pendidikan Islam yang berfungsi sebagai forum pengembangan dakwah dan forum pemberdayaan masyarakat di bawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia. |
Madrasah Ibtidaiyah | MI | Salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar sebelum Madrasah Ibtidaiyah atau bentuk lain yang sederajat, di dalam binaan Menteri Agama. |
Monitoring Kurikulum | | Serangkaian kegiatan pemantauan terhadap pelaksanaan kurikulum dengan banyak sekali cara biar pelaksanaan tidak menyimpang dari yang direncanakan menurut indikator keberhasilan yang telah disusun. Monitoring ditujukan untuk melihat sejauh mana progres yang telah dicapai dalam pelaksanaan kurikulum, apa kendalanya, dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhinya. |
Muatan Kurikulum | | Komponen kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran,kegiatan pengembangan diri, pengertian beban belajar, ketuntasan mencar ilmu serta ketentuan kenaikan kelas dan kelulusan. |
Muatan lokal | Mulok | Kegiatan kurikuler untuk berbagi kompetensi yang diubahsuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bab dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. |
Musyawarah Guru Mata Pelajaran | MGMP | Forum perkumpulan guru mata pelajaran di tingkat sekolah menengah pertama untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran mata pelajaran yang bersangkutan. |
Pendidikan Agama Islam | PAI | Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | PPKN | Nama mata pelajaran untuk memperlihatkan pembelajaran perihal Pancasila dan Kewarganegaraan. |
Pengawas Pendidikan Agama | | Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung-jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan pendidikan agama di madrasah umum dan di madrasah dengan melaksanakan penilaian dan pelatihan dari segi teknis dan manajemen pada satuan pendidikan pra madrasah, dasar, dan menengah. |
Pengembangan diri | | Kegiatan yang bertujuan memperlihatkan kesempatan kepada akseptor didik untuk berbagi dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan,bakat,minat, setiap akseptor didik sesuai dengan kondisi madrasah. |
Pengembangan kurikulum | | Rangkaian proses yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan penilaian terhadap kurikulum. |
Perencanaan Kurikulum | | Penetapan tujuan, arah dan cara sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh tiap-tiap satuan pendidikan. |
Pembelajaran Tematik | | Pembelajaran tepadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memperlihatkan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema yaitu pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983). |
Recana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah | RAPBM | Rencana anggaran madrasah yang menggambarkan planning pendapatan dan planning belanja madrasah untuk satu tahun. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran | RPP | Rencana yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP berisi pengembangan Kompetensi Dasar menjadi indikator, menentukan pengalaman mencar ilmu yang sesuai, materi pokok pembelajaran, bentuk, teknik dan instrument pembelajaran menurut alokasi waktu dan sumber belajar. |
Pusat Kegiatan Guru | PKG | Forum perkumpulan guru kelas di tingkat sekolah dasar untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran mata pelajaran di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. |
Siklus Pengembangan Kurikulum | Proses dalam pengembangan kurikulum yang meliputi delapan langkah: (1) analisis situasi dan kebutuhan, (2) merumuskan arah dan sasaran kurikulum, (3) memutuskan standar kompetensi dan hasil belajar, (4) menentukan kegiatan pembelajaran, (5) menyeleksi dan mengorganisasikan isi pembelajaran, (6) menyusun metode asesmen dan penilaian hasil pembelajaran, (7) mengimplementasikan dan memonitor pelaksanaan kurikulum, (8) mengevaluasi kurikulum, dan kembali ke analisis situasi dan kebutuhan | |
Stake Holders | | |
Silabus | | Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, materi pokok/pembelajaran indikator pencapaian kompetensi, penilaian, sumber, dan alokasi waktu belajar |
Standar Isi | SI | Standar Isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi materi kajian kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi akseptor didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. |
Standar Kompetensi Lulusan | SKL | Kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap,pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. |
Standar Kompetensi | SK | Ukuran kompetensi minimal yang harus dicapai akseptor didik sehabis mengikuti suatu proses pembelajaran pada satuan pendidikan tertentu. |
Standar Nasional Pendidikan | SNP | Kriteria minimal perihal sistem pendidikan di seluruh wilayah aturan Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Strength-Weakneses-Opportunities-Threath | SWOT | Salah satu teknik dalam analisis situasi dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. |
Struktur Kurikulum | | Merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peseta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum disusun menurut standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran. |
Supervisi | | Serangkaian kegiatan pengawasan yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu, proses dan prestasi akademik melalui pengamatan, penilaian dan pembinaan. |
Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan | Tim Penge mbang KTSP | Merupakan penggerak penyusunan, implementasi, monitoring dan pengendalian, serta penilaian kurikulum. Tim ini terdiri dari kepala madrasah, komite, beberapa guru (termasuk Wakil kepala Madrasah bidang kurikulum), tokoh masyarakat, dan nara sumber. |
Ulangan Harian | UH | Kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sehabis menuntaskan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. |
Ulangan Tengah Semester | UTS | Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sehabis melaksanakan 8 – 9 ahad kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. |
Ulangan Akhir Semester | UAS | Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. |
Ulangan Kenaikan Kelas | UKK | Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di final semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester genap pada satuan pendidikan yang memakai sistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. |
Ujian sekolah/madrasah | US/UM | Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi akseptor didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh legalisasi atas prestasi mencar ilmu dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan yaitu mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama dan adat mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah. |
Ujian Nasional | UN | Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi akseptor didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan. |
0 Response to "Daftar Istilah Dan Pengertian Dalam Pendidikan"
Post a Comment